Catatan Kecil Bona - Bagi pengguna Microsoft Windows yang pekerjaan sehari-harinya menggunakan Ms. Office baik itu Word, Excel, Power Point, tentu mengetahui jika saat kita akan menyimpan file, lokasi default untuk menyimpannya adalah My Document. Sebenarnya tidak ada permasalahan apapun dengan itu, hanya saja kadang kita sudah menyediakan folder tersendiri untuk file Office sehingga harus membuang waktu untuk menavigasikan/mencari cari lokasi penyimpanan ke folder tersebut. Jadi idenya di sini adalah memindahkan default save folder yang awalnya di My Document menjadi library lain atau folder yang sudah kita buat dan tetapkan.
Cara 1: Save Dialog
Cara pertama adalah saat pertama kali melakukan penyimpanan dokumen, akan muncul kotak dialog penyimpanan seperti biasa dan dapat dilihat lokasi default untuk penyimpanan masih ada di library Documents anda.
Default Save Folder
Untuk melakukan perubahannya, pertama pilihlah bagian Includes untuk melihat daftar folder-nya.
Change Location
Kemudian akan muncul window Documents Libary Locations. Pada gambar dibawah terlihat ada dua lokasi yaitu untuk Document user dan public.
Add Another Folder
Tambahkan lokasi folder baru yang Anda inginkan melalui tombol Add. Nanti folder yang kita pilih akan muncul di Window sebagai lokasi tambahan penyimpanan dokumen.
Add New Location
Sebagai contoh disini saya akan menambahkan lokasi dengan folder Bisa-Komputer dengan berharap agar setiap dokumen yang saya buat akan tersimpan di folder tersebut. Setelah muncul klik kanan pada lokasi yang baru lalu pilih Set as default save location.
Set Default Save Location New
Klik OK untuk mengakhiri pengaturan. Suatu saat jika ingin mengembalikan ke default save location semula, kita tinggal menghapus lokasi tersebut menggunakan tombolremove.
Cara ke 2: Library Properties
Cara yang kedua adalah melalui Library properties di Windows Explorer. Buka Windows Explorer dan bukalah bagian Libraries. Klik kanan pada salah satu library misalkan Documents, lalu pilih properties.
Library Properties
Pada Jendela properties, terdapat default save location awal. Untuk menambahkan lokasi baru, pilih tombol include a folder lalu browse folder pilihan Anda.
Include Folder
Setelah muncul lokasi pilihan kita pada window properties, klik lokasi itu lalu klik tombolSet save location.
Set Default Save Location New
Klik OK atau Apply untuk mengakhiri konfigurasi. Apabila suatu saat kita ingin mengembalikan ke bentuk konfigurasi semula, gunakan tombol Restore Defaults untuk mengembalikan ke bentuk default awal.
Semoga bermanfaat :)